Sejarah Berdirinya Estadio Camp Nou

Markas besar Barcelona, Estadio Camp Nou selalu dipadati penonton setiap kali pertandingan digelar. Tentu saja, sebagai penikmat sepakbola kita ingin sekali menyaksikan satu pertandingan saja di Stadion termegah di Catalunya tersebut. Tapi sebelum berkunjung ke sana ada baiknya kita mengetahui terlebih dulu sejarah berdirinya stadion berkapasitas 98.772 ini.

Sejarah Berdirinya Estadio Camp Nou

Berawal dari tahun 1948, para fans Barcelona saat itu begitu menggebu meyakinkan klub agar membangun sebuah stadion resmi yang bertaraf modern. Namun, ketika itu pembangunan Stadion tidak semudah sekarang ini, sangat wajib hukumnya meyakinkan para investor dan pemerintah akan pentingnya pembangunan stadion sepakbola.

Desakan Fans pada akhirnya didengar oleh dewan klub Barcelona kala itu, dan semangat untuk memiliki kandang yang megah pun semakin berkobar dengan dimenangkannnya trofi La Liga spanyol dalam dua musim beruntun, tepatnya di musim 1947 dan 1948. Langkah pertama Stadion camp Nou ini dibangun baru dimulai sejak tahu 1950. Dipercaya, pembangunan stadion ini juga didasari oleh kedatangan Laszlo Kubala, sang legenda Hungaria yang begitu populer saat itu.

Saat itu, Presiden menjabat, Agustí Montal y Galobart saat itu memilih untuk membeli tanah di area yang dikenal sebagai La Maternidad, pilihan yang harus dilakukan hanya dua bulan kemudian. Namun pembangunan Stadion Camp Nou tak berjalan mulus begitu saja.

Saat komisi Camp Nou memutuskan pada tanggal 9 Februari 1951 untuk mengubah lokasi stadion baru ke area di atas Diagonal, dan hal ini mengakibatkan serangkaian negosiasi yang sia-sia dengan Pemerintah yang tampaknya tidak membuahkan hasil. Masalah ini tampaknya ditutup untuk selamanya saat Francesc Miró-Sans memenangkan pemilihan Presiden FC Barcelona pada tanggal 14 November 1953.

Untungnya, Presiden Anyar Barcelona saat itu sangat mendukung kuat pembangunan Stadion anyar, sehingga penyelesaiannya dilakukan secepat mungkin. Akhirnya, stadion ini diresmikan pada tanggal 24 September 1957, stadion yang saat ini jadi saksi bisu lahirnya para pemain terbaik dunia dan sederet trofi yang telah dimenangkan barcelona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *